8 Cara Aman Memilih Travel Haji Umroh di Semarang


Cara Aman Memilih Travel Haji Umroh  di Semarang – Kegalauan Hampir menghinggapi calaon jamaah yang berniat melaksanakan ibadah haji dan umroh setiap  tahunnya, bukan saja soal harga murah yang menggiurkan, namun juga calon jamaah haji dan umroh yang berkeinginan mengamanahkan perjalanan ibadahnya kepada biro travel haji dan umroh di Semarang.




Kegalauan yang sering dialami oleh calon jamaah haji maupun umroh juga bermacam-macam yang dirasakan, menilik dalam sejumlah kurun masa-masa belakangan ini dimana pemberitaan marak terjadi permasalahan termasuk soal penipuan yang mengatasnamakan travel haji dan umroh. Tentunya urusan ini paling merugikan untuk calon jamaah maupun pelaksana haji dan umroh di Semarang itu sendiri.

Untuk menghindari urusan yang demikian, dalam tulisan ini kami selaku BIRO UMROH SEMARANG akan berbagi sejumlah tips guna memilih travel haji dan umroh yang terpercaya. Minimal anda harus menjatuhkan kepada biro perjalanan haji dan umroh yang telah terbukti sudah amanah, profesional, dan dari sisi pelayanan  dan bimbingan memuaskan.

Walaupun terkadang ada saja yang memandang remeh urusan ini, tetapi pemilihan agen travel haji dan umroh di Semarang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kita beribadah ketika berada  di tanah suci Mekkah dan Madinah. Jika Anda cuma mengutamakan harga yang “asal” murah, maka biasa nya fasilitas yang ditawarkan pun belum pasti maksimal.



Jadi anda harus memperhatikan sejumlah hal inilah ini, supaya perjalanan haji dan umroh kita ke tanah suci menjadi lebih nyaman dan tenang.

1. Cek Apakah Biro Perjalanan Tersebut Sudah Terdaftar Resmi di Kementerian Agama



Dari sekian tidak sedikit biro perjalanan atau agen travel haji dan umroh yang ‘nakal’, banyak sekali dari mereka tidak mempunyai izin beroperasi seolah – oleh sudah mendapat legalitas dai Kementerian Agama Republik Indonesia.

Oleh sebab itu, salah satu hal yang terbilang sangat urgen untuk Anda memeriksa data-data dari biro perjalanan atau agen travel haji dan umroh yang bersangkutan. Pastikan biro perjalanan tersebut telah mempunyai izin sah untuk mengadakan perjalanan haji dan umroh. Mendaftarkan diri Anda untuk agen travel haji dan umroh yang tidak mempunyai izin sah sama saja seperti memberikan diri Anda untuk bahaya.

Karena guna dapat mengadakan perjalanan ibadah haji dan umroh, Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) mesti mempunyai izin beroperasi dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Oleh sebab itu, daripada Anda memungut risiko yang besar, lebih baik kita memilih agen travel haji dan umroh beda yang telah terdaftar dan lebih terpercaya, meski dari sisi harga lebih mahal.



Untuk memahami apakah agen travel itu mempunyai izin sah atau tidak, terdapat 2 teknik yang bisa Anda lakukan. Pertama, silakan datang ke kantor Departmen Agama wilayah setempat, kemudian mintalah susunan PPIU sah di distrik tersebut untuk petugas yang terdapat di sana.

Kedua, bilamana Anda tidak mempunyai waktu guna datang ke kantor Departmen Agama setempat, Anda dapat mengakses situs resmi Kementerian Agama.

Kemudian, cari nama agen travel haji dan umroh yang hendak Anda gunakan, apakah di susunan tersebut terdapat nama biro itu atau tidak. Kalau ada, berarti biro perjalanan tersebut sudah terdaftar. Kalau tidak ada, berarti tidak mempunyai izin resmi. Lebih baik pilih yang lain.

 
2. Pastikan Agen Travel Haji & Umroh Tersebut Memiliki Jadwal yang Pasti


Seringkali ditemukan agen travel haji dan umroh yang menyerahkan jadwal embarkasi yang tidak rinci dan tidak terdapat kepastian. Misalnya, melulu memperkirakan pemberangkatannya bulan sekian dengan maskapai bila nggak ini ya itu. Akhirnya semua calon jamaah juga merasa digantung. Tidak ada rinci tanggal, jam keberangkatan, berangkat dari bandara mana dan landing di bandara mana.

Kalau Anda mengejar biro perjalanan haji dan umroh yang demikian, maka patut guna dicurigai. Karena sebenarnya, masing-masing agen travel haji dan umroh yang mempunyai izin resmi telah mendapatkan jatah (quota) VISA guna tiap-tiap tanggal keberangkatannya.



Karena telah mempunyai quota VISA itulah, suatu agen perjalanan haji dan umroh berani untuk melakukan pembelian atau membooking tiket pesawat kembali dan pergi. Sehingga jelas, berangkat jam berapa, tanggal dan bulan apa, hingga di sana jam berapa, memakai maskapai apa, berangkat dari bandara mana, dan sebagainya.

 3. Teliti Apakah Biaya yang Tertera Masih Wajar dan Sesuai


Banyak agen travel haji dan umroh yang mematok ongkos yang murah sehingga tidak sedikit calon jamaah yang tergiur. Hal itu tidak sepenuhnya salah, tetapi harus diperiksa apa saja kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan, apakah seimbang dengan biaya yang dibayarkan?
Justru bakal sangat mengherankan apabila terdapat agen travel haji dan umroh yang menawarkan fasilitas hotel dan pesawat yang paling ‘wah’ namun ongkos yang ditawarkan paling murah. Bisa jadi Umroh skema Ponzi dengan model gali lubang tutup lubang dijalakan oleh mereka

4. Cek Nama Hotel dan Lokasinya


Untuk meyakinkan kevalidan data dan informasi tentang nama hotel dan jarak  hotel di sana. Bisa lewat Google Maps atau situs booking hotel online. Pastikan nama hotel, tempat hotel, dan rate bintangnya cocok dengan apa yang sudah ditawarkan oleh biro perjalanan umroh Anda di Semarang.



5. Pastikan Status VISA yang bakal Anda Dapatkan


Cek kembali tentang status VISA apa yang bakal Anda dapatkan dari kerajaan Arab Saudi. Pastikan statusnya cocok dengan kebutuhan Anda guna ke tanah suci yaitu guna beribadah umroh ataupun haji.

6. Pembiming yang Berpengalaman dan Mampu Mendampingi dengan Baik


Travel haji dan umroh yang bagus bakal menyertakan pemandu yang sangat kawakan dan mempunyai ilmu pengetahuan yang luas berhubungan seputar haji dan umroh. Tidak sebatas menawarkan berangkat haji dan umroh bareng artis familiar misalnya. Namun fokus keberkahan dan kelancaran ibadah haji dan umroh yang bakal Anda lakukan, niatkan melulu untuk beribadah untuk Allah swt.

Pembiming yang kawakan akan paling mempermudah ibadah Haji dan Umroh Anda. Apalagi andai Anda masih paling awam dengan kota Mekah dan Madinah. Disitulah faedah pembimbing yang bakal menonjol.

7. Tidak Mengalami Batal Berangkat Saat Kuota Tidak Terpenuhi


Sering kali anda temukan jamaah haji dan umroh tidak berhasil  berangkat karena dari sisi kuota jamaah tidak terpenuhi, sebab pihak travel fobia merugi. Travel perjalanan haji dan umroh di Semarang yang bagus tentunya bakal mengantisipasi urusan itu dan bakal mengusahakan terhindari dari yang namanya tidak berhasil  berangkat.

8. Mempunyai Program Unik yang Tidak Dimiliki Oleh Travel Lainnya


Travel haji dan umroh yang amanah tidak cuma menawarkan program – program dan kemudahan kemudahan fasilitas selama menunaikan ibadah haji dan umroh saja, namun pun menawarkan program berkelanjutan. Layaknya pembentukan pengajian alumni jamaah haji dan umroh tahun ke sekian, pengajian edukasi haji dan umroh, sharing ilmu atau bertukar pendapat seputar pelaksanaan haji dan umroh, dan semacamnya.




Itulah sejumlah tips memilih travel haji dan umroh yang terpecaya. Ketelitian, kehati-hatian, dan kejelian dalam memilih travel haji dan umroh di Semarang merupakan format usaha dan ikhtiar anda untuk mengemban ibadah haji atau umroh. Memang sedikit merepotkan, namun semoga apa yang kita niatkan bisa segera terwujud, dan semoga menjadi haji yang mabrur.